Peluang Bisnis Sampingan Fotografer

Siapa sih, yang hari ini nggak suka foto-foto? Rasanya, nggak ada deh, ya. Hampir semua 

orang suka berfoto. Terutama sejak teknologi kamera di HP makin canggih, hampir menyerupai kecanggihan kamera professional. 

Dan sejak itulah, rasanya, memotret menjadi aktivitas yang menyenangkan. Berbekal kamera handphone, kamu mengabadikan beragam momen dalam hidup. Mulai dari momen remeh nan receh bersama para sahabat, sampai kejadian penting, seperti wisuda dan pernihakan. 

Buat kamu yang punya hobi motret, tentu saja ini adalah peluang bisnis yang cukup menggiurkan. 

Bisnis Sampingan Fotografer

Banyak fotografer profesional yang memulai pekerjaannya dari hobi. Semakin sering memotret, makin tingg pula jam terbang yang didapatkan

Apalagi, di luar sana, ada banyak peluang usaha di bidang fotografi yang bisa kamu coba, lho. Apa saja? 

Berikut adalah peluang bisnis sampingan fotografi yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan: 

1. Menjadi fotografer wedding 

Memotret wedding dan prewedding banyak menjadi batu loncatan bagi fotografer pemula untuk lebih serius menggeluti pekerjaan di dunia fotografi. Apalagi, kebutuhan akan jasa wedding photographer seperti tak pernah berhenti. 

Ya, walaupun hampir semua orang kini punya kamera sendiri, namun jasa orang-orang profesional untuk mengabadikan momen sekali seumur hidup akan selalu dicari. 

Siapa sih, yang nggak ingin momen pernikahannya selalu dikenang sampai usia senja nanti? 

Karena itu, buat kamu fotografer yang ingin serius menggeluti fotografer pernikahan, ini adalah peluang bisnis yang patut untuk dicoba. 

2. Menjadi food photographer 

Buat kamu yang suka makan-makan dan kulineran, tentu suka kan, memotret makanan? Bagi sebagian orang, memotret makanan akan terlihat aneh. Tapi yakin deh, semakin banyaknya tempat makan yang dibuka, membuka jasa foto makanan adalah peluang yang menjanjikan, lho! 

Memang, semua orang bisa dengan mudah memotret makanan yang terhidang di atas meja. Tapi menghadirkan sentuhan artistik pada sebuah foto makanan, tidak semudah itu, Ferguso

Ada skill-skill tertentu yang harus dikuasai dengan baik oleh fotografer kuliner. Seperti penentuan komposisi foto, teknik pengambilan gambar, sampai dengan pencahayaan. 

Semakin bagus foto sebuah makanan, tentu akan menggugah selera orang untuk mencobanya, bukan? 

3. Membuka usaha cetak foto digital 

Walaupun zaman sudah serba digital, siapa bilang bisnis cetak foto makin ditinggalkan? Bahkan, semakin canggihnya kamera handphone, membuka jasa cetak foto digital adalah peluang bisnis sampingan yang menjanjikan. 

Akan sangat disayangkan jika foto-foto yang mengabadikan momen-momen spesial, hanya berakhir di cloud storage. Sebuah foto akan sangat mengesankan jika dicetak dan dipajang

Nah, buat kamu fotografer yang ingin cetak foto tanpa ribet, di Photostory, kamu bisa mencetak foto jadi sebuah photobook dengan desain yang ciamik. 

4. Memotret company profile 

Salah satu keuntungan hobi footgrafi adalah peluang untuk mendapatkan relasi yang luas. Dengan relasi yang luas ini, bukan tidak mungkin, kamu bisa mendapatkan klien yang besar. Perusahaan, misalnya. 

Memotret untuk profil perusahaan merupakan salah satu peluang bisnis sampingan fotografi yang menjanjikan pendapatan yang besar. Apalagi, banyak perusahaan skala nasional dan internasional yang membutuhkan jasa fotografer profesional

Tentunya, untuk menembus pasar bisnis fotografi yang satu ini, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. 

Mulai dari portofolio yang mumpuni, jeli membangun koneksi, dan peralatan yang memadai. Skill seorang fotografer untuk berkomunikasi menggunakan karyanya, menjadi faktor yang sangat penting di sini. 

5. Membuat photobooth 

Siapa bilang era photobooth sudah berakhir? Faktanya, photobooth tetap menjadi salah satu peluang bisnis sampingan fotografi yang sangat populer, lho. Bahkan, photobooth ini sama-sama punya peminat yang besar. Hampir sama seperti bisnis foto pernikahan

Buat kamu yang belum belum familiar nih, photobooth adalah sebuah konsep studio foto langsung cetak, untuk dijadikan cendera mata dalam sebuah acara. Mulai dari pernikahan, wisuda, sepeda gembira, dan beragam acara lainnya. 

Semakin ke sini, makin banyak orang yang memilih membuat cendera mata dalam bentuk foto, daripada menyiapkan benda lain, yang lebih ribet. 

Untuk bisa memulai bisnis photobooth, nggak selalu tentang momen-momen seperti pernikahan sejenisnya, lho. Bisa saja kamu diminta untuk melayani photobooth di acara-acara resmi instansi dan perusahaan, lho. Sangat menarik, bukan? 

Beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk memulai bisnis fotografi yang satu ini adalah, peralatan fotografi yang memadai. Seperti kamera dan lampu flash

Selain itu, kamu juga kudu menyiapkan printer untuk mencetak foto dengan kecepatan mumpuni. Jangan lupa juga untuk menyediakan aksesoris dan gimik, agar orang-orang merasakan keseruan ketika berfoto di photobooth milikmu. 

6. Menjual foto online 

Ide bisnis sampingan fotografi yang yang satu ini sangat cocok buat kamu yang ingin memiliki pendapatan pasif dari setiap foto milikmu. 

Tentu akan sangat sayang bukan, stok fotomu yang berjibun itu hanya teronggok di komputer?. Mentok-mentok, kamu akan menguploadnya di sosial media. 

Kamu tahu, nggak sih, kalau diluar sana ada banyak orang mencari foto berkualitas tinggi untuk digunakan kembali?  

Orang akan dengan senang hati untuk membeli lisensi foto milikmu. Jadi, setelah membeli lisensi itu, mereka bisa dengan bebas menggunakannya sesuai dengan keperluan

Ada banyak situs photostock di luar sana. Dua yang paling terkenal adalah Adobestock dan Shutterstock

Tapi, ada satu poin penting yang harus diingat. Foto-fotomu harus berkualitas tinggi, dan sesuai dengan kebutuhan calon klien. 

Bisnis fotografi adalah bisnis yang menjanjikan. Permintaan produk footgrafi saat ini semakin banyak. Buat kamu yang doyan fotografi, peluang ini tentu nggak boleh dilewatka ya. 

Nah, buat kamu yang sudah menjalankan bisnis fotografi dan pengen mencetak karya foto ekslusifmu, Photostory punya solusinya, lho. 

Jadi, tunggu apalagi, kalau kamu tanya-tanya dulu, boleh, kok. Tim Photostory berkomitmen untuk mendukung setiap momen indahmu dengan photobook ekslusif berkualitas terbaik. 

This Post Has One Comment

  1. yoga

    wah mau banget niii 🔥🔥

Leave a Reply